8.5 C
New York
Jumat, April 3, 2020
Beranda Ekonomi Bisnis Penggantian Wesel Selesai, KRL Bogor-Jakarta Kota Kembali Normal

Penggantian Wesel Selesai, KRL Bogor-Jakarta Kota Kembali Normal


Suara.com – PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) kembali normal mulai Senin (17/2/2020). Pernyataan tersebut disampaikan setelah penggantian Wesel 11A dan 21A di Stasiun Gambir telah selesai dilaksanakan.

Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan, pekerjaan tersebut selesai lebih awal dari target yang seharusnya selesai pada 19 Februari 2020.

“Saat ini, proses penggantian wesel Gambir telah mencapai tahap akhir. Namun, rekayasa pola operasi KRL lintas Stasiun Manggarai-Jakarta Kota sudah tidak diberlakukan meskipun jalur di Stasiun Gambir masih terdapat pengerjaan wesel menyilang,” ujar Dadan dalam keterangannya, Senin (17/2/2020).

Dadan menuturkan, saat ini proses pengerjaan wesel di Stasiun Gambir memasuki proses pemasangan wesel baru tambahan untuk menyilang, yakni wesel 11A1 dan 21A1.

Pemasangan akan dikerjakan pada malam hari dalam kurun waktu window time atau waktu perawatan sebelum KA beroperasi agar tidak berdampak pada perjalanan KA.

“Selanjutnya, sejalan proses pengerjaan tahap akhir penggantian wesel Gambir, Daop 1 Jakarta secara bertahap juga memulai pengerjaan penggantian empat wesel di Jakarta Kota yang ditargetkan akan selesai pada tanggal 23 Februari 2020,” jelas dia.

Pada proses penggantian wesel Jakarta Kota, rekayasa pola operasi juga akan diberlakukan selama satu hari, yakni pada Sabtu 22 Februari 2020. Pada tanggal tersebut pekerjaan akan berdampak pada 56 nomor KA, diantaranya sebanyak 34 KA akan dilakukan rekayasa operasi dan 22 KA akan dibatalkan perjalanannya.

PT KAI Daop 1 Jakarta akan melakukan kordinasi bersama PT KCI untuk memberikan pengumuman langsung kepada seluruh pengguna jasa di Stasiun, Sarana Kereta dan seluruh media informasi resmi.

Revitalisasi berupa penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota bertujuan untuk meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan perjalanan KA.

Selain itu, revitalisasi wesel juga dapat menjadi alternatif solusi pada pengaturan perjalanan KA, apabila dalam kondisi tertentu terjadi kendala di jalur layang maka pelayanan perka dapat lebih terakomodir melalui fleksibilitas pergantian jalur menggunakan wesel baru.



Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments