8.5 C
New York
Rabu, Oktober 21, 2020
Beranda Ekonomi Bisnis LSP KAI Resmi Dapat Lisensi dari BNSP

LSP KAI Resmi Dapat Lisensi dari BNSP


Suara.com – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi dapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Penyerahan dilakukan oleh Ketua BNSP Kunjung Masehat kepada Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo di gedung Jakarta Railway Center, Jakarta Pusat.

Didiek mengatakan, penyerahan lisensi tersebut merupakan amanah sekaligus kado spesial sebagai rangkaian dari perayaan Hari Ulang Tahun Ke-75 KAI yang jatuh pada 28 September 2020.

“Lisensi BNSP ini adalah bentuk pengakuan dan pemberian ijin dari BNSP, sehingga LSP KAI dapat melaksanakan sertifkasi kompetensi kerja atas nama BNSP,” ujar Didiek dalam keterangannya, Selasa (29/9/2020).

Dengan demikian, seluruh pekerja yang telah disertifikasi oleh LSP KAI dinilai telah memiliki standar yang tinggi dan dapat bekerja di seluruh perusahaan perkeretaapian nasional bahkan internasional.

“LSP KAI hadir untuk mengembangkan sumber daya manusia KAI yang unggul dalam mencapai visi KAI yakni menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia,” ujar Didiek.

LSP KAI dibentuk pada 13 Februari 2019 dengan tujuan utama melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap sumber daya manusia lembaga induknya, sumber daya dari pemasoknya dan/atau sumber daya manusia dari jejaring kerjanya, sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP.

Visi LSP KAI adalah menjadi lembaga sertifikasi profesi bidang perkeretaapian dan penunjangnya untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dalam profesional serta diakui secara nasional, regional dan internasional.

“Kami berprinsip bahwa 30 ribu pegawai yang KAI punya adalah aset utama. Maka dari itu, kami bertekad untuk meningkatkan kompetensi talent-talent KAI sehingga dapat berkontribusi maksimal dalam mendukung performansi perusahaan menjadi lebih baik ke depan,” kata Didiek.

Terdapat pula 24 asesor yang siap melakukan pengujian kompetensi Bidang Operasi karena sudah mendapat Sertifikat Kompetensi dari BNSP, serta 80 Tempat Uji Kompetensi.

LSP KAI tetap menjamin mutu dengan menjaga proses sertifikasi sesuai dengan standar yang berlaku karena telah membuat Standar Kompetensi Kerja Khusus (SK3) yang sudah teregister di Kementerian Ketenagakerjaan.

“Diharapkan keberadaan LSP KAI dapat menciptakan tenaga kerja profesional yang kompeten sehingga dapat memajukan perkeretaapian Indonesia dan bisa bersaing baik di kancah nasional, regional, maupun internasional,” tutup Didiek.



Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bayar parkir lebih mudah hasil kolaborasi DANA dan Parkee

Jakarta (ANTARA) - Pembayaran parkir menggunakan cara non tunai kini sudah bisa digunakan pada aplikasi DANA yang bekerja sama dengan aplikasi Parkee guna menghadirkan solusi...

MotoGP Teruel: Siapa muncul sebagai juara baru?

Jakarta (ANTARA) - Kemenangan Alex Rins di Aragon akhir pekan lalu berarti sudah ada delapan pebalap berbeda yang naik podium teratas setelah sepuluh Grand...

“Bike for Hope”, bersepeda sambil beramal

Jakarta (ANTARA) - Bersepeda bisa dilakukan sambil beramal di acara virtual "Bike for Hope" yang diadakan pada 25 Oktober hingga 30 November 2020.Acara yang...

Uang Negara Mengalir Kemana Saja Selama September, Cek di Sini

Daftar capaian APBN 2020 hingga 30 September 2020 di berbagai bidang. Sumber

Recent Comments