8.5 C
New York
Minggu, Mei 31, 2020
Beranda Lifestyle Cemas Wabah Covid-19 Bikin Susah Tidur? Ini Enam Cara Untuk Mengatasinya!

Cemas Wabah Covid-19 Bikin Susah Tidur? Ini Enam Cara Untuk Mengatasinya!


Suara.com – Tidur yang cukup merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan terutama di tengah pandemi virus corona Covid-19 seperti sekarang ini.

Hanya saja kabar mengenai terus mewabahnya virus tersebut telah menimbulkan rasa panik, cemas, dan khawatir yang pada akhirnya bisa mengganggu kualitas tidurmu.

“Kita tahu bahwa tidur langsung terkait dengan kekebalan tubuh. Jika kita tidak tidur, sistem imun kita akan menurun, banyak inflamasi dalam tubuh, yang membuat kita semakin rentan terhadap bermacam-macam virus,” tutur Brittany LeMonda, PhD, senior neuropsikolog di Lenox Hill Hospital, New York, dikutip dari Healthline.

Dengan kata lain, kualitas tidur berperan besar dalam kemampuan tubuh mencegah virus corona. Akan tetapi apabila kamu menjadi salah satu yang sulit tidur karena khawatir akan wabah virus corona, cobalah beberapa tips berikut untuk mengatasinya.

1. Jaga rutinitas harian

Ilustrasi bekerja dari rumah atau WFH (Shutterstock).
Ilustrasi bekerja dari rumah atau WFH (Shutterstock).

Rutinitas harian terganggu karena pandemi ini. Banyak sekolah yang diliburkan atau bekerja dari rumah. Ada juga yang berusaha menyeimbangkan pekerjaan dengan keluarga karena kini anak-anak juga lebih banyak di rumah.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga rutinitas tetap terjaga agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Apabila kamu bekerja dari rumah, tetap usahakan bangun di jam yang sama dan mandi.

Kamu memang berada di rumah saja, namun tetap menjaga rutinitas seakan berada di kantor, akan membuat rasa terganggumu sedikit berkurang.

2. Jangan tidur siang berlebihan

Cemas Wabah Covid-19 Bikin Susah Tidur? Ini Enam Cara Untuk Mengatasinya! - 2
Ilustrasi tidur siang (Shutterstock)

Jika kamu sedang menjalani karantina diri dan bekerja dari rumah, seringkali kamu malah lebih tertarik tidur yang akibatnya menjadi tidur lebih sering.

Berlebihan tidur siang justru akan membuat kamu semakin sulit mengantuk dan berpotensi mengganggu rutinitas tidur di malam hari. Memiliki rutinitas tidur yang normal membuat kamu lebih teratur, dan gantilah keinginan tidur siang itu dengan rutinitas sehat seperti bangun lebih awal dan selesaikan pekerjaanmu lebih cepat.

3. Berolahraga

olahraga dan yoga. (shutterstock)
olahraga dan yoga. (shutterstock)

Berada di rumah saja seharian bukan berarti kamu tidak berolahraga. Olahraga juga penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Meski berada di rumah, pilihan untuk berolahraga tetap tidak terbatas. Utamakan berolahraga di pagi atau siang hari. Namun ingat untuk tidak melakukannya beberapa jam sebelum waktu tidur karena akan menstimulasi tubuh dan menyulitkan kita untuk tertidur.



Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Facebook buat aplikasi obrolan interaktif, saingi Twitter

Jakarta (ANTARA) - Facebook mencoba menghadirkan obrolan interaktif saat warganet menyaksikan siaran langsung melalui aplikasi Venue.Aplikasi yang dikembangkan tim Eksperimen Produk Baru (NPE) R&D...

Recent Comments