8.5 C
New York
Sabtu, September 19, 2020
Beranda Olahraga Balap Celano menjadi juara umum TdL meski tidak pernah menangi etape

Celano menjadi juara umum TdL meski tidak pernah menangi etape

Langkawi (ANTARA) – Danilo Celano menjadi juara umum Tour de Langkawi (TdL) 2020 meski ia sama sekali tidak pernah memenangi etape, Jumat.

Anggota Team Sapura Cycling itu hanya finis di urutan ke-43 pada etape terakhir, yakni etape kedelapan, dengan catatan waktu 2:29:08. Catatan waktu itu sama dengan yang dibukukan pemenang etape Maximilian Richard Walscheid.

Namun pebalap Italia itu menggenggam keunggulan 26 detik atas pebalap Vino-Astana Motors Yevgeniy Fedorov, yang sudah cukup untuk menjaga posisinya di puncak klasemen umum.

Baca juga: Danilo Celano rebut kaus kuning TdL dari Fedorov

Walscheid menjadi yang tercepat melintasi garis finis untuk membawanya menjadi pemenang etape terakhir tur yang dilakukan di dalam Pulau Langkawi. Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati Luca Pacioni dan Taj Jones.

Pada etape kedelapan itu sempat terjadi beberapa percobaan break away, namun para anggota tim Sapura selalu mampu menjaga agar catatan waktu Celano tidak tertinggal jauh sekaligus mengamankan posisinya di puncak klasemen.

“Saya berjuang keras untuk kemenangan ini. Namun saya berterima kasih kepada tur untuk hal ini. Ini merupakan balapan yang sangat istimewa bagi tim saya, maka kami mempersiapkan diri dengan keras dan rencananya berjalan dengan baik,” kata Celano.

Baca juga: Empat kaus tidak berganti pemilik setelah etape tujuh Tour de Langkawi

Celano mengatakan dirinya sempat sedikit sakit pada pagi hari, bahkan ia sampai terpikir untuk tidak dapat menyelesaikan balapan.

“Namun terima kasih kepada segenap tim yang telah mendorong saya, termasuk staf. Mereka lebih banyak menaruh kepercayaan kepada kemenangan saya, dibanding saya sendiri,” tambahnya.

Pebalap NTT Pro Racing, Walscheid, juga bersuka cita dengan kemenangan keduanya dalam TdL. Ia sebelumnya juga memenangi balapan pemanasan TdL, Malaysian International Criterium.

“Ini merupakan perasaan yang istimewa karena ini merupakan balapan yang sangat berat, khususnya bagi saya yang merupakan sprinter murni. Hari ini kerja sama tim yang membuat saya berada di posisi untuk mendapatkan kemenangan,” kata Walscheid.

Baca juga: Mamat catatkan kemenangan etape keduanya pada TdL 2020

Pebalap Jerman itu juga berhasil mempertahankan kaus hijau sebagai sprinter terbaik, yang telah dikuasainya sejak etape ketiga.

Pebalap muda Kazakhstan Fedorov juga berhasil mempertahankan kaus putih sebagai pebalap Asia tercepat, yang telah dikenakannya sejak etape pertama.

“Saya hanya berusaha melakukan sesuatu, untuk menyerang dan mungkin memenangi etape dan mungkin dapat naik beberapa detik di klasemen umum. Namun peletonnya terlalu kuat,” ujar Fedorov.

“Saya puas dengan hasil di sini. Satu kemenangan etape, peringkat kedua (di klasemen umum) tidak terlalu buruk. Tim saya senang,” ucap pebalap 19 tahun itu.

Baca juga: Fedorov puncaki klasemen umum TdL setelah kuasai etape satu

Pebalap tuan rumah Muhammad Nur Aiman Mohamad Zarif dari Team Sapura Cycling juga dapat berpuas diri setelah mempertahankan kaus merah sebagai raja tanjakan. Ia merupakan pebalap Malaysia pertama yang memenangi penghargaan raja tanjakan sampai akhir sepanjang sejarah tur itu.

“Ini merupakan kenangan indah bagi saya. Saya lebih condong sebagai pebalap time trial, namun saya juga dapat menanjak dengan baik. Saya ingin berusaha untuk memenangi lebih banyak lagi musim ini,” tuturnya.

Rangkaian TdL ke-25 masih menyisakan satu ajang lagi, yakni balapan Langkawi Classic Race of Championship sebagai penanda berakhirnya tur yang akan berlangsung di Langkawi, Sabtu.

Baca juga: Walscheid menangi balap Malaysian International Criterium

Hasil etape kedelapan Tour de Langkawi 2020 (14/2/2020):

1. Maximilian Richard Walscheid NTT Pro Cycling Team 2:29:08

2. Luca Pacioni Androni Giacatoli-Sidermec 2:29:08

3. Taj Jones ARA Pro Racing Sunshine Coast 2:29:08

4. Muhammad Danieal Haikal Tim Nasional Malaysia 2:29:08

5. Gleb Brusensky Vino-Astana Motors 2:29:08

6. Kent Ross Wildlife Generation Pro Cycling 2:29:08

7. Bernard van Aert PGN Road Cycling Team 2:29:08

8. Giovanni Lonardi Bardiani CSF Faziane 2:29:08

9. Keigo Kusaba Aisan Racing Team 2:29:08

10. Pierpaolo Ficara Team Sapura Cycling 2:29:08

Berikut klasemen akhir Tour de Langkawi 2020 setelah menyelesaikan etape kedelapan dari Dataran Lang sampai Kuah, Langkawi, Malaysia, Kamis:

Klasemen umum (kaus kuning):

1. Danilo Celano Team Sapura Cycling 26:39:58

2. Yevgeniy Fedorov Vino-Astana Motors 26:40:24

3. Artem Ovechkin Terengganu Cycling Team 26:40:33

4. Pierpaolo Ficara Team Sapura Cycling 26:41:05

5. Quentin Pacher B&B Hotels Vital Concept 26:41:07

6. Hideto Nakane Nippo Delco Provence 26:41:32

7. Cristian Raileanu Team Sapura Cycling 26:41:34

8. Lorenzo Fortunato Vini Zabu KTM 26:41:54

9. Carlos Quintero Terengganu Cycling Team 26:41:57

10. Francesco Manuel Bongiorno Vini Zabu KTM 26:42:10

Raja sprint (kaus hijau)

1. Maximilian Richard Walscheid NTT Pro Cycling Team 66 poin

2. Taj Jones ARA Pro Racing Sunshine Coast 55 poin

3. Mohamad Harrif Saleh Terengganu Cycling Team 44 poin

Raja tanjakan (kaus merah)

1. Muhammad Nur Aiman Mohamad Zarif Team Sapura Cycling 34 poin

2. Quentin Pacher B&B Hotels Vital Concept 23 poin

3. Samuele Battistella NTT Pro Cycling Team 18 poin

Pebalap Asia tercepat (kaus putih)

1. Yevgeniy Fedorov Vino-Astana Motors 26:40:24

2. Hideto Nakane Nippo Delco Provence 26:41:32

3. Ka Hoo Fung Team Hongkong China 26:43:52

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tour de France memasuki Etape ke-20

Pebalap Israel Start-Up Nation Daniel Martin asal Irlandia memacu sepedanya saat berlaga di Tour de France Etape ke-20 dari Lure menuju ke La Planche...

Vinales klaim pole position kedua kalinya secara beruntun di Misano

Jakarta (ANTARA) - Maverick Vinales pada Sabtu mengklaim pole position untuk kedua kalinya secara beruntun di Sirkuit Misano untuk start terdepan Grand Prix Emilia...

Lima aplikasi kencan online pilihan

Jakarta (ANTARA) - Teknologi sejak beberapa tahun belakangan ini membantu orang menjalin hubungan baru, pertemanan maupun percintaan.Berkenalan dengan orang yang baru lewat media sosial...

Bagnaia pecahkan rekor Misano untuk puncaki FP3 GP Emilia Romagna

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Pramac Racing Francesco Bagnaia memecahkan rekor putaran di Sirkuit Misano setelah memuncaki sesi latihan ketiga pada Sabtu.Pebalap Italia yang...

Recent Comments