8.5 C
New York
Rabu, April 1, 2020
Beranda Religi Hikmah Alquran Abadikan Doa dan Pengakuan Malaikat agar Diberi Ilmu

Alquran Abadikan Doa dan Pengakuan Malaikat agar Diberi Ilmu

Para malaikat mengakui mereka tidak cukup mempunyai ilmu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Al-Baqarah merupakan surah ke-2 Alquran dengan jumlah 286 ayat. Dari 286 ayat tersebut ada sekitar 13 ayat mengandung doa populer yang pernah dipanjatkan malaikat dan para nabi. 

Di antara ayat tersebut adalah ayat ke-32 surah al-Baqarah. Ayat ke-32 ini sangat populer di kalangan alim ulama yang hendak akan menyampaikan suatu kajiannya di majelis-majelis ilmu dan mimbar lainnya selalu membaca ayat 32 surah al-Baqarah berikut:

سُبْحَانَكَ لَا عِلْمَ لَنَا إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ. 

“Subhanaka la ‘ilma ‘allamtana innaka antal alimul hakim. (Mahasuci Engkau tidak ada yang kami ketahui selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sungguh Engkaulah yang Maha Mengetahui Mahabijaksana.”

Ayat ini merupakan jawaban malaikat ketika Allah meminta malaikat menyebutkan nama-nama yang Nabi Adam sebutkan pada ayat 31 di surah yang sama. Namun, malaikat seperti diabadikan dalam ayat ke-32, tidak bisa menjawabnya pertanyaan Allah tersebut.  

Dan ayat ini juga biasa digunakan oleh para pelajar supaya dimudahkan meyerap ilmu. Biasanya doa dalam surah al-Baqarah ini disandingkan dengan doa sebagaimana terdapat dalam surah Thaha ayat 25-28: 

رَبِّ اشۡرَحۡ لِیۡ صَدۡرِیۡ۔ وَ یَسِّرۡ لِیۡۤ اَمۡرِیۡ۔ وَ احۡلُلۡ عُقۡدَۃً مِّنۡ لِّسَانِیۡ۔ یَفۡقَہُوۡا قَوۡلِیۡ 

Rabbisyrahli shadri wa yassirli amri, wahlul ‘uqdatan min lisani, yafqahu qauli

“Ya Tuhanku lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku,” 

 



Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments